PENUNTUN BELAJAR
MENGHITUNG
DENYUT NADI
Tanggal :
Nama
Mahasiswa :
NIM :
PETUNJUK
Menilai setiap kinerja dengan
menggunakan skala sebagai berikut :
Nilai
1
|
:
|
Mahasiswa merasa diri masih perlu
perbaikan
|
Nilai
2
|
:
|
Mahasiswa merasa diri sudah mencapai
kompeten pada model
|
Nilai
3
|
:
|
Mahasiswa merasa diri sudah mencapai
tingkat mahir pada model
|
NO
|
Kegiatan
|
KASUS
KE
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Mendapatkan
persetujuan dari klien dan mempersiapkan
alat
:
-
Arloji
-
Catatan pengkajian nadi
-
Pena
|
|
|
|
|
|
2
|
Cuci tangan
|
|
|
|
|
|
3
|
Mencari arteri
radialis, meletakkan jari telunjuk dan jari tengah di atasnya, meletakkan
pergelangan tangan dan lengan ibu menyilang di dadanya
* perhatikan cara memegang
pergelangan tangan; pergelangan tangan
yang dipegang terlalu kuat akan menyumbat nadi, bila terlalu lemah
nadi akan sulit dihitung
|
|
|
|
|
|
4
|
Menghitung
nadi selama 30 detik jika nadi teratur, kemudian dikalikan 2, atau selama 60
detik jika nadi tidak teratur (Kozier
et al, 1998)
|
|
|
|
|
|
5
|
Mendiskusikan
hasilnya dengan ibu
|
|
|
|
|
|
6
|
Mendokumentasikan
hasil pemeriksaan
|
|
|
|
|
|
7
|
Cuci
tangan setelah prosedur selesai
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar