Kegiatan Mahasiswa Di Tempat Praktik
1. Kegiatan
di Ruang Rawat Jalan
Ruang rawat jalan
adalah tempat kontak pertama bagi sebagian besar pasien sehingga menjadi tempat
yang paling sesuai untuk mempraktikkan keterampilan wawancara, interpersonal,
dan konseling serta keterampilan klinik. Ruang rawat jalan merupakan tempat
terbaik untuk memberikan rencana asuhan dan untuk mengajarkan pasien cara
melakukan rencana asuhan tersebut di rumah. Bagian rawat jalan juga menjadi
langkah penghubung antara praktik simulasi dan bekerja dengan pasien yang sakit
di ruang rawat inap.
2. Kegiatan
di Ruang Rawat Inap
Di ruang rawat inap,
pasien biasanya sakit parah dan telah memulai rencana perawatan dan pengobatan
khusus. Ruang rawat inap adalah tempat yang baik untuk mengajarkan penanganan
pasien, mempraktikkan keterampilan memberikan pelayanan, dan mendemonstrasikan
penanganan kondisi-kondisi yang jarang ditemui.
Contoh keterampilan di ruang
rawat inap :
·
Menilai
status klinik
·
Melakukan
intervensi klinik tertentu seperti memberikan cairan infus
·
Mendokumentasikan
informasi mengenai rencana perawatan pasien, pengobatan, dan
perubahan-perubahan kondisi
·
Menyampaikan
keadaan pasien secara jelas kepada staf klinik dan keluarga (bila perlu)
·
Mengkaji
hasil tes diagnosa dan menerakannya pada kondisi pasien
3. Pengajaran
di Ruang Rawat Inap
a.
Pengajaran
yang berpusat pada pasien
·
Mahasiswa
bertugas menangani satu pasien atau lebih
·
Mahasiswa
bekerja di bawah pengawasan staf dan bertanggung jawab terhadap perawatan
pasien
·
Mahasiswa
menjelaskan keadaan pasien pada saat keliling ruangan, membantu memberi rencana
asuhan, dan membicarakan kondisi pasien dengan staf
b.
Berkeliling
ruangan
·
Berkeliling
ruangan bisa digunakan untuk observasi atau interaksi
-
Berkeliling
ruangan untuk observasi
§
Mahasiswa
mengikuti kunjungan sebagai seorang pengamat
§
Tenaga
kesehatan yang menangani pasien melaporkan keluhan yang disampaikan pasien,
temuan awal dan pengobatan, interpretasi hasil lab dan diagnosa lain, kondisi
terbaru, dan rencana ke depan
-
Berkeliling
ruangan untuk interaksi
§
Pada
saat keliling ruangan, mahasiswa ditanya mengenai kondisi pasien dan harus
memberi jawaban
§
Beberapa
mahasiswa dapat diminta untuk menyampaikan kondisi pasien kepada kelompok
·
Perlu
berhati-hati pada saat berkeliling ruangan untuk menjaga privasi pasien dan
mencegah agar tidak berbicara seakan pasien sebagai obyek
·
Sebaiknya
mendiskusikan pasien di lokasi yang jauh dari tempat tidur pasien
Daftar Pustaka
1.
Alimul, Aziz. 2002. Pengantar Pendidikan Keperawatan.
Jakarta: Sagung Seto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar