Jumat, 20 Januari 2012

Bercak Mongol


BERCAK MONGOL


A.   Pengertian
*      Bercak mongol adalah lesi makula biru atau abu – abu tua, kebanyakan timbul pada daerah presakral tetapi dapat ditemukan pada paha bagian posterior, tungkai, punggung dan bahu. ( Nelson.Ilmu Kesehatan Anak.  Vol 3)
*      Bercak mongol adalah kelainan berupa bercak kebiruan, kehitaman, atau kecoklatan yang lebar, difus, terdapat di daerah bokong atau lumbosakral yang dapat menghilang setelah beberapa bulan atau sekitar 1 tahun. (Ilmu Kesehatan Anak Jilid 1 )

B.   Etiologi
Corak aneh dari makula ini disebabkan oleh lokasi dermal melanin berisi melanosit yang diperkirakan  terperangkap saat migrasinya dari celah neural ke epidermis. Timbulnya bercak mongol rata – rata pada umur kehamilan 38 minggu. Mula – mula bercak ini terbatas pada difosa koksigea lalu mejalar ke lumbosakral. Lesi ini biasanya berisi sel melanosit yang terletak di lapisan dermis sebelah dalam atau di sekitar folikel rambut. Kadang – kadang tersebar simetris, dapat juga unilateral. Tempat prediksi yang lain adalah di daerah orbita dan daerah zigomatikus (Nevus ota) yaitu mengenai daerah sclera atau fundus mata atau daerah delto trapezius (Nevus ito)


C.   Gejala Klinis
Bercak mongolk biasanya ditandai dengan timbulnya bercak kebiruan, kehitaman, atau kecoklatan yang lebar pada daerah bokong atau lumbosakral.

D.   Penanganan
Bercak mongol seringkali menghilang dalam beberapa minggu pertama kehidupan tetapi kadang menetap.
Nevus ota dan ito biasanya menetap, tidak perlu diberikan pengobatan, cukup dengan tindakan konservatif saja, misalnya dengan penggunaan obat – obat tradisional. Namun, apabila penderita telah dewasa, pengobatan dapat diberikan dengan sinar laser.

 REFERENSI

Nelson. Ilmu Kesehatan Anak Vol 3 Edisi 15. Jakarta. Penerbit Buku Kedokteran EGC
Markum, a.h. Ilmu Kesehatan Anak Jilid 1. Jakarta. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar